Wednesday, May 19, 2021

Menu Diet Sehat yang Bantu Turunkan Berat Badan



Selain olahraga, untuk mencapai diet yang efektif dan sehat, menjaga porsi dan pilihan asupan makanan merupakan faktor yang penting.

Berikut adalah 6 menu diet sehat yang dapat bantu Anda turunkan berat badan secara efektif melalui diet.

1. Oatmeal

Oat adalah salah satu biji-bijian tersehat di dunia.

Mereka adalah biji-bijian bebas gluten dan sumber vitamin, mineral, serat, dan antioksidan yang penting untuk kesehatan tubuh.

Studi menunjukkan bahwa oat dan oatmeal memiliki banyak manfaat bagi kesehatan.

Ini termasuk penurunan berat badan, penurunan kadar gula darah dan penurunan risiko penyakit jantung.

Oatmeal juga mengandung vitamin dan mineral penting seperti magnesium, seng, dan zat besi, yang membantu meningkatkan energi, mengurangi peradangan, dan meningkatkan kekebalan.

2. Salmon

Ikan almon kaya akan protein berkualitas tinggi.

Seperti lemak omega-3, protein adalah nutrisi penting yang harus Anda dapatkan dari makanan Anda.

Protein memainkan sejumlah peran penting dalam tubuh, termasuk membantu tubuh Anda sembuh setelah cedera, melindungi kesehatan tulang dan menjaga massa otot selama penurunan berat badan dan proses penuaan.

Selain itu, ikan Salmon juga mengandung Selenium adalah mineral yang ditemukan di tanah dan makanan tertentu.

Ini dianggap mineral jejak, yang berarti tubuh Anda hanya membutuhkannya dalam jumlah kecil. Namun demikian, mendapatkan cukup selenium dalam makanan Anda itu penting.

Penelitian telah menunjukkan bahwa selenium membantu melindungi kesehatan tulang, menurunkan antibodi tiroid pada orang dengan penyakit tiroid autoimun dan dapat mengurangi risiko kanker.

Penelitian terbaru menemukan bahwa untuk kesehatan yang optimal, setiap makanan harus menyediakan setidaknya 20-30 gram protein berkualitas tinggi. (1)

3. Daging tanpa lemak

Daging tanpa lemak secara efisien dapat mengurangi rasa lapar dan nafsu makan di antara waktu makan.

Daging tanpa lemak seperti ayam, kalkun, dan potongan daging merah rendah lemak rendah kalori tetapi sarat dengan protein.

Misalnya, 4 ons (112 gram) dada ayam yang dimasak mengandung sekitar 185 kalori dan 35 gram protein.

Penelitian menunjukkan bahwa asupan protein yang tidak mencukupi dapat meningkatkan rasa lapar dan nafsu makan sementara makan lebih banyak protein dapat mengurangi asupan kalori dan tingkat kelaparan.

Dalam sebuah penelitian, orang yang makan makanan berprotein tinggi termasuk daging mengonsumsi 12% lebih sedikit makanan menurut beratnya saat makan malam dibandingkan mereka yang makan makanan tinggi karbohidrat dan tanpa daging (1)

4. Kentang

Kentang sering dianggap tidak sehat dan berbahaya karena dikaitkan dengan kentang goreng dan keripik kentang yang tinggi lemak.

Namun, kenyataannya adalah kentang bisa menjadi bagian yang mengenyangkan dan bergizi dari makanan sehat.

Satu kentang panggang ukuran sedang dengan kulitnya mengandung 161 kalori tetapi masing-masing menyediakan 4 gram protein dan serat.

Faktanya, sebuah penelitian yang mengevaluasi efek makanan tertentu pada rasa kenyang - atau kepenuhan - menempatkan kentang rebus sebagai yang paling mengenyangkan, dengan skor 323 pada indeks kenyang - hampir tujuh kali lebih tinggi daripada croissant.

Penelitian pada hewan dan manusia menunjukkan bahwa efek pengisian kentang mungkin melibatkan inhibitor protease kentang, yang merupakan senyawa yang dapat mengurangi nafsu makan dan mengurangi asupan makanan untuk meningkatkan rasa kenyang. (1)

5. Telur rebus

Telur merupakan salah satu pilihan makanan rendah kalori yang populer. Namun, telur di sini haruslah telur yang dimasak melalui proses perebusan.

Selain rendah kalori, telur rebus juga padat nutrisi. Jika melihat dari sisi kandungannya, telur mengandung 72 kalori, 6 gram protein, serta berbagai vitamin dan mineral penting. Bahkan, protein pada telur juga diyakini mampu mengurangi rasa lapar dan membuat rasa kenyang. (2)

6. Ikan kod


Ikan kod mungkin tidak sepopuler ikan tuna. Namun, untuk urusan asupan kalori, ikan ini juga tidak kalah. Salah satu kelebihan ikan tod adalah kandungan kalorinya yang rendah. Bahkan, lebih rendah daripada salmon, tuna, sarden, makarel, ataupun ikan lainnya. Dalam setiap 85 gram ikan kod memiliki 15 gram protein dan kurang dari 70 gram kalori. Selain itu, ikan ini juga mengandung vitamin B12, niasin atau vitamin B3, dan selenium. (2)

Agar proses diet Anda berlangsung lancar dan sehat,hindari kalori ekstra atau menggunakan batas kalori harian pada makanan dengan manfaat nutrisi yang lebih sedikit daripada makanan lain yang lebih padat nutrisi, beberapa makanan yang mungkin ingin Anda hindari saat diet adalah:

Makanan olahan, yang biasanya diolah dan berkalori tinggi.

Karbohidrat olahan, seperti roti, pasta, dan nasi putih.

lemak berlebih, termasuk makanan berminyak dan lemak hewani.

Itulah tadi 7 menu diet sehat yang bantu turunkan berat badan Anda yang tak hanya efektif tapi juga membuat tubuh teteap sehat. Agar proses menurunkan berat badan lebih efektif, jangan lupa diimbangi dengan kebutuhan cairan dengan AQUA sebagai air mineral terbaik untuk cukupi hidrasi harianmu.

Source: 
1. https://www.healthline.com/nutrition/low-calorie-foods#TOC_TITLE_HDR_11
2. http://blog.sayurbox.com/15-makanan-enak-rendah-kalori/


EmoticonEmoticon